Honda Indonesia (HPM) Siap Masukin Jade?

Dua hari yang lalu di Kompas Otomotif muncul pernyataan dari salah satu petinggi APM Honda di Indonesia kalau mereka sedang melakukan riset tentang celah di antara Freed dan Odyssey. Gak cuma itu saja, ia bahkan sudah menyebut dua kandidat potensial: Honda StepWGN (baca: StepWagon) dan Honda Jade. Wuaaaaah, ini dia kabar yang banyak orang tunggu, termasuk saya.

Kalau hasil riset konsumen lebih suka StepWGN, Honda akan masuk wilayah yang sekarang dikuasai Nissan Serena. Gimana peluangnya lawan Serena? Entahlah, agak sulit menebak soalnya bahkan nama besar Toyota pun kurang sukses di sini. Design Serena di kelas ini hanya bisa disaingi Biante yang penjualannya juga lumayan. Tapi seperti diamini pak petinggi itu, pasar high MPV di Indonesia belakangan mengalami stagnasi. Ditambah desain StepWGN yang menurut saya kurang wow, sepertinya akan berat.

Terus gimana dengan Jade? Saya suka desain mobil ini dan mudah-mudahan responden riset sepemikiran dengan saya. Mobil ini sepintas mengingatkan pada almarhum Honda Stream tapi dengan sentuhan yang lebih modern. Ground clearance lumayan rendah dengan lekukan-lekukan sporty yang menyiratkan kalau ini adalah mobil keluarga yang kencang. Kalau diintip speknya, tenaga 148 dk dari mesin 1.5 liter turbo sepertinya lebih dari cukup buat seru-seruan di jalan. Interiornya pun sejalan dengan bagian eksterior: sporty dan mewah. Memang ‘hanya’ bisa muat enam orang, bukan tujuh seperti kebanyakan MPV yang beredar di sini, tapi sepertinya nggak papa. Masih bisa angkut papa, mama, adik, nenek, dan pembantu. J

Soal harga, pak bos Honda bilang sekitar 300 jutaan dan posisinya akan berhadapan dengan Innova baru yang akan segera launching. Kijang yang tiada duanya itu bertahun-tahun tanpa pesaing, jadi memang sudah saatnya Honda menurunkan Jade.

Lalu siapa calon konsumen Jade? Buat saya setidaknya ada tiga. Pertama, orang-orang yang sekarang masih setia dengan Stream. Meskipun sudah agak tua, Stream punya banyak penggemar berat lho. Jangan heran kalau di jalan masih sering ketemu Stream dengan kondisi mulus atau dimodif jadi lebih sporty.

Calon pembeli kedua adalah pengguna Freed yang sama-sama 6 seater (baris ketiga Freed pasnya memang buat dua orang) dan mau naik kelas. Sisanya? Ya orang-orang selain kedua kelompok itu. Hehe…

Mudah-mudahan beneran masuk.

This entry was posted in MOBIL and tagged , . Bookmark the permalink.