Mencari pengganti (sementara) Nolan N20

vespaok2

Beberapa hari yang lalu N20 saya ketemu kepala baru. Yep! Helm paling mahal yang pernah saya punya itu laku terjual. Sebagai konsekuensinya, saya mesti mikir helm apa yang jadi gantinya. Memang sekarang di rumah masih ada INK MF-1, tapi saya merasa perlu beli satu lagi karena dari dulu saya selalu punya helm cadangan.

Prinsip dasar saya soal helm adalah “sepanjang ada rejeki, motor bagus helmnya harus bagus.” Pengennya sih Nolan N44. Desainnya keren, pandangan dari dalam helm sangat luas, standar safety-nya tinggi, merk bagus. Komplit. Masalahnya…budget saya terbatas. Di tengah badai nilai tukar rupiah dan inflasi seperti sekarang ini, saya mesti berpikir berkali-kali untuk beli helm impor premium. Kebutuhan rumah masih lebih penting. Hehe. Sambil nunggu tabungan terkumpul untuk N44, saya putuskan untuk ambil merk lain dulu. Karena saya cenderung suka helm yang kacanya lebar, dari hasil browsing di internet, ada beberapa opsi yang saya miliki.

Pertama, AGV Citylight. Dengan merk AGV, helm ini punya nilai gengsi yang lebih dari cukup untuk naik skuter. Saya sudah mencoba langsung di salah satu toko helm di Jalan Panjang dan saya simpulkan helm ini agak overpriced. Desain, kualitas material, finishing, dan kenyamanannya menurut saya agak tidak sesuai dengan harga harus dibayar.

Kedua, ada Zeus Z-610. Helm merk Taiwan bikinan Vietnam ini desainnya memang tidak spektakuler tapi buat saya sudah cukup keren. Material dan finishing pun bisa dibilang bagus dan sesuai dengan harganya. Sedikit lebih rapi dibanding merk lokal yang pernah saya punya seperti INK, KYT, NHK. Kebetulan istri saya pakai Zeus z-210 dan sejauh ini tidak ada keluhan apapun. Foto di bawah minjem dari seleblogger lek IWB.

Terakhir, saya cukup tertarik dengan INK Metro 2. Desainnya cakep, mirip Nolan N40. Saya sebenarnya agak penasaran dengan beberapa desain INK yang mirip dengan Nolan. Selain Metro 2 ini, MF-1 juga bisa dibilang paket hemat dari N43. Apakah ada kerjasama, beli desain, atau sekedar jiplak? Entahlah. Yang jelas untuk ukuran helm lokal, modelnya keren! Tarakusuma sepertinya memposisikan brand INK di level mid-upper class dengan orientasi lifestyle ketimbang racing. Untuk racing mereka sudah punya brand KYT yang benar-benar di-support habis sampai ke MotoGP. Kembali ke Metro 2, saya belum pernah lihat dan pegang langsung, tapi dari pengalaman dengan MF-1 saya berasumsi kualitas bahan dan finishingnya tidak akan jauh.

Berdasarkan pertimbangan di atas, akhirnya saya putuskan beli Zeus z-610. Tadinya mau beli di Juragan Helm, yang katanya distributor resmi Zeus di Indonesia, tapi stoknya habis. Setelah browsing sana sini akhirnya nemu warna hitam ukuran XL di FJB Kaskus. Saat ini barang sedang dikirim via JNE. Nanti kalau barang sudah datang, insya Allah saya akan post review-nya.

This entry was posted in MOTOR and tagged , , , . Bookmark the permalink.