Harapan itu ada di Olahraga Otomotif!

haryanto_gp2_bcn_sat

Kalau anda lelah dengan berita kisruh sepakbola nasional yang tidak jelas ujung pangkalnya itu, monggo lihat prestasi anak bangsa di dunia otomotif internasional. Diantara anak-anak muda yang berlomba di ajang balap luar negeri, ada satu nama yang menurut saya sangat patut dibanggakan. Namanya sudah tidak asing lagi: Rio Haryanto.

Seperti yang sama-sama kita tahu, beberapa tahun terakhir pemuda asli Solo ini berlaga di GP2 Series yang secara de facto merupakan jenjang tertinggi sebelum F1. Musim ini sampai seri terakhir di Barcelona, Rio berhasil mengumpulkan 49 poin yang menempatkannya di posisi kedua setelah Stoffel Vandoorne, yang musim lalu menjadi pembalap cadangan McLaren F1. Keren, kan?

Memang GP2 Series tahun ini masih panjang, tapi dari seri-seri yang sudah berlangsung, Rio tampak kompetitif. Tim Campos Racing yang menaunginya sepertinya punya racikan yang lebih maknyus dibanding tim-tim Rio terdahulu. Saya sangat berharap, kawan kita yang satu ini bisa bicara banyak di sisa seri tahun ini. Setidaknya bisa finish 4 besar di akhir musim. Semoga.

Kalau melihat dari sisi prestasi, sepertinya Rio semakin dekat dengan standar minimal untuk jadi seorang pembalap F1. Bohong besar kalau seorang pembalap single seater tidak ingin balapan di F1. Masalahnya, untuk ke F1 tidak hanya dibutuhkan bakat tapi juga dana yang besar sekali. Katakanlah, dua tahun lagi ada tim F1 yang tertarik menggunakan jasanya, siapa yang mau jadi sponsor?

Barangkali sudah saatnya pemerintah serius dengan olahraga otomotif yang sebenarnya punya potensi besar untuk mengharumkan nama Indonesia. Ingat, selain Rio masih ada Andi Gilang, Dimas Ekky, Gerry Salim dan Adrian di balap motor plus Sean Gelael di Formula Renault. Mereka-mereka ini berprestasi lho. Tidak sekedar berngkat dari pemikiran “yang penting balap internasional.”Ah, jadi inget mantan pembalap yang banyak gaul sama artis itu 😀

Mudah-mudahan saja rencana pembangunan sirkuit internasional di Jakarta, yang belakangan jadi pemberitaan, memang benar-benar kejadian. Ini penting agar bakat-bakat hebat kita tidak menguap begitu saja. Amiin…

ryo-haryanto-camposrace-2-bahrain-2015-3050-1024x681

This entry was posted in MOBIL and tagged , . Bookmark the permalink.