Modern Vespa terbakar: Kelistrikan dan bensin bocor?

crispy_vespa

Beberapa hari lalu saya baca tabloid otomotif dan menemukan artikel tentang kasus terbakarnya modern vespa. Rame karena kebetulan ada dua kasus yang terjadi dalam waktu berdekatan. Satu di Semarang, satu lagi di Bintaro.

vespa terbakar

Pertanyaan pertama yang muncul di kepala saya waktu baca judul artikel adalah: ada kesalahan teknis bawaan pabrik kah? Maklum, satu-satunya motor yang saya punya adalah si biru vespa primavera. Setelah baca isinya, agak lega juga soalnya kemungkinan bukan karena masalah dari pabrik.
Kejadian di Semarang disinyalir karena motor diparkir dekat sumber api yang kemudian menyambar kendaraan.
Kebakaran di Bintaro menimpa seorang masbro yang servis di bengkel spesialis di kawasan itu. Menurut si empunya bengkel, LX merah itu dibawa ke bengkelnya karena beberapa kali mogok. Setelah dicek, terdeteksi adanya kebocoran di intake manifold dan harus diganti. Nah, setelah diganti motor kemudian dicoba. Pas dicoba inilah tiba-tiba bagian kiri bawah motor terbakar. Ngeri juga ya… Apa karena bahan bakar bocor? Entahlah…
Respon Piaggio Indonesia menurut saya cukup bagus. Di kasus Semarang, katanya akan diselidiki lebih lanjut dan agak diganti jika memang ada kerusakan bawaan dan riwayat servis sesuai ketentuan Piaggio Indonesia. Gimana di kasus Bintaro? Kan kejadiannya di bengkel non beres. Katanya sih tetap akan dibantu. Tapi gimana detailnya, entahlah. Yang jelas itikad baik dari APM perlu diapresiasi.
Moral of the story, sepertinya mesti hati-hati waktu parkir modern vespa dan selalu cek kondisi kendaraan (sebisa mungkin) di beres biar kalau ada apa-apa gampang ngurusnya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.